11 September 2019

Yanti Febriana Anggiesta : Hadapi Persaingan Global, Dibutuhkan SDM Berkualitas

ra globalisasi seperti sekarang ini, membuat persaingan di bidang bisnis semakin ketat. Di tingkat makro Pemerintah perlu meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia melalui program peningkatan mutu pendidikan. Sementara di tingkat mikro, suatu perusahaan perlu mengadopsi visi, misi maupun strategi yang tepat, yang didukung oleh strategi SDM dan budaya perusahaan yang tepat pula.

Pada dasarnya, strategi SDM berkaitan erat dengan pelatihan dan pengembangan. Aspek tersebut mengacu pada komponen organisasi sepeti misalnya strategi, budaya perusahaan, dan struktur agar mendukung keefektifan perusahaan. Disamping itu, strategi dan perencanaan SDM perlu didukung oleh nilai-nilai kreatifitas, layanan maupun inovasi.

Hal tersebut disampaikan Yanti Febriana Anggiesta, Direktur Utama PT. Dirga Cahya Abadi Anugrah kepada Strategi.co.id.

Menurut Anggie, pembangunan sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan masyarakat yang maju dan mandiri, sehingga mampu berdaya saing dalam era globalisasi.

Kemampuan masyarakat untuk berdaya saing tinggi kata Anggie, adalah kunci bagi tercapainya kemajuan dan kemakmuran suatu bangsa. Daya saing yang tinggi, akan menjadikan bangsa ini siap menghadapi tantangan globalisasi dan mampu memanfaatkan peluang yang ada.

“ Pembangunan sumber daya manusia harus diarahkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, manajemen serta memperkokoh iman dan taqwa, sesuai kultur bangsa ini,” kata Anggie

"Untuk memperkuat daya saing, perlu dibarengi dengan berbagai kebijakan strategis pembangunan jangka panjang yang lebih menitik beratkan pada pembangunan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing."

“ Persoalan sumber daya manusia ini, harus dilihat dalam perspektif yang lebih luas, di segala aspek. Harus ada sinergi antara pelaku usaha maupun akademisi. Strategi SDM perlu dipersiapkan secara seksama, baik di perusahaan-perusahaan maupun institusi lain agar menghasilkan keluaran yang mampu bersaing di tingkat global,” terangnya.

enurut pemegang hak paten Leadership Endurance Test ( LET ) ini, tantangan terpenting yang dihadapi manajemen sumber daya manusia, selalu berkaitan dengan penyediaan pelayanan yang disesuaikan dengan rencana strategi perusahaan.

Selain pembangunan yang berfokus pada sumber daya manusia, lanjut Anggie, pembangunan bidang pendidikan juga merupakan prioritas yang tak kalah penting, karena merupakan investasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga penting perannya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran.

“ Pembangunan bidang pendidikan lebih diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna mendukung terwujudnya masyarakat yang berharkat, bermartabat, berakhlak mulia, dan menghargai keberagaman sehingga mampu bersaing dalam era global, dengan tetap berlandaskan pada norma kehidupan masyarakat Indonesia dan tanpa diskriminasi,” tuturnya.

Sebagai Direktur Utama Perusahaan yang bergerak dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia, dirinya meyakini, bahwa pembangunan bidang pendidikan nantinya akan terwujud, seperti yang dicita citakan bersama.

Pembangunan bidang pendidikan, harus tercermin pada kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta politik anggaran dan terintegrasinya seluruh pendidikan kedinasan ke dalam perguruan tinggi.

“ Semua harus terintegrasi, jika bangsa ini ingin lebih maju dan mengejar ketertinggalan. Di negara kita, semua tingkat pendidikan ada, baik dari tingkat yang paling dasar, hingga perguruan tinggi. Ini menjadi modal, untuk mendidik anak-anak kita, dan diharapkan nantinya mereka bisa terjun langsung untuk membangun dan negeri ini bangkit kembali,” ujarnya.

Ia menekankan, bahwa pembangunan di bidang pendidikan harus mencakup semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan. Oleh karena itu, ia berharap nantinya pemerintah dapat mempersiapkan pendidikan dasar yang bermutu, dan terjangkau disertai dengan pembebasan biaya pendidikan.

(Tulisan ini pernah dimuat di Inovasi. Kami angkat kembali di Strategi atas permintaan pembaca)

 

Source: https://strategi.co.id/yanti-febriana-anggiesta-hadapi-persaingan-global-dibutuhkan-sdm-berkualitas/

Download Our Brochure

Our 2019 events brochure for easy to read guide all of the services offered.